Rabu, 15 April 2009

M-BCA

BCA secara resmi berdiri pada tanggal 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV.

Mobile Banking BCA atau dikenal dengan m-BCA merupakan layanan inovatif dari BCA yang menggunakan saluran komunikasi handphone sebagai medianya. Setiap pengguna handphone yang menggunakan kartu GSM, Pro XL, Mentari, dan Matrix, dapat menggunakan fasilitas m-BCA tersebut.

1. E-Business channel priorities

Produk yang diluncurkan sejak tiga tahun silam ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan jasa perbankan BCA bagi para nasabah yang kesibukan dan mobilitasnya cukup tinggi. Dengan m-BCA nasabah tidak perlu mendatangi mesin ATM atau cabang BCA terdekat untuk melakukan berbagai transaksi non tunai.
Beberapa layanan yang dapat diakses melalui telepon genggam ini antara lain:
1. Informasi saldo dan lima transaksi terakhir,
2. Transfer antar rekening BCA,
3. Pembayaran kartu kredit, telepon, internet dan lain-lain,
4. Isi ulang pulsa
Bertransaksi dengan menggunakan m-BCA aman dan terjamin meski tanpa bukti print out. Sebagai bukti transaksi kita akan memperoleh SMS balasan untuk setiap transaksi yang kita lakukan melalui ponsel.
Selain itu, untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan rekening kita, m-BCA dilengkapi dengan system Personal Identification Number (PIN). PIN tersebut kita tentukan sendiri pada saat pendaftaran m-BCA yang dilakukan di mesin ATM BCA. Selain nomor PIN m-BCA tersebut, setiap transaksi melalui mobile banking ini juga akan di-encrypt (acak), sehingga keamanannya jadi berlapis.
Untuk memperoleh layanan m-BCA ini sangatlah mudah:
1. Nasabah harus pemegang kartu Paspor BCA dan menggunakan Kartu GSM Pro XL, Mentari, atau Matrix (yang sudah Mobile Banking Ready)
2. Melakukan create menu m-BCA pada Sim Card, khusus untuk pengguna kartu GSM Pro XL.
3. Melakukan Pendaftaran di ATM BCA.
4. Melakukan aktivasi pada ponsel dan cabang BCA terdekat.
Sementara beberapa saat lagi pelanggan Telkomsel bisa menikmati m-BCA, jadi serasa memiliki ATM dalam genggaman.

2. Organizational restructuring and capabilities

Organizational restructuring and capabilities terdiri dari :
- In-house division (intergration)
- Joint Venture
- Strategic Partnership (mixed)
- Spin Off (separation)
Organizational restructuring and capabilities bisa menjadi cara yang efektif dan efisien dalam pengembangan e-business BCA.






3 Business, service and revenue models

Business model e-business BCA dari sisi Marketplace Position adalah sebagai :

- Marketplace / exchange (intermediary)
Sebagai perantara dalam transaksi pertukaran / pengiriman uang antara nasabah yang satu dengan nasabah lain, baik itu dalam bank yang sama maupun antarbank.

1. m-Transfer
• Transfer ke Rekening BCA,
• Transfer ke Rekening bank lain
2. m-Payment
Pembayaran berbagai macam tagihan kartu kredit, PLN, PAM, handphone, telepon, asuransi, pendidikan,dll
3. m-Commerce
Pembelian pulsa isi ulang, kartu Blitz, saham,dll

- Media owner / publisher (intermediary)
Sebagai penyedia informasi (m-info)
• Informasi Saldo,
• Mutasi Rekening,
• Info Kurs,
• Info suku bunga tabungan / deposito Rp / deposito valas,
• Info kode bank (untuk mengetahui kode transfer antar bank),
• Info kode perusahaan (yang digunakan pada m-Payment dan m-Commerce),
• Info nomor kupon undian Gebyar Tahapan BCA,
• Info rekening Deposito
• Info NAB dan saldo Reksadana
• Info saldo dan transaksi kartu kredit BCA*
(m-admin) ganti PIN

Revenue Model e-business BCA adalah Commision-based Sales
Revenue didapat dari hasil transaksi pengiriman uang antar bank, transaksi pembayaran seperti asuransi, kartu kredit, saham, pendidikan, dll.

4. Marketplace restructuring

Marketplace restructuring yang bisa dilakukan dari sisi sell side dan buy side :
- sell side : disintermediation (sell-direct), contohnya bisa menjual langsung kartu kredit dan kredit konsumer yang lainnya melalui pengisian aplikasi online
- buy side : disintermediation & buy melalui intermediary baru spt B2B bisa mulai dilakukan dalam sistem e-procurement yang saat ini masih ditangani divisi logistik.

5 :Market and product development strategies
- Market Penetration
Menggunakan mobile untuk meningkatkan market share growth, meningkatkan loyalitas customer dengan memberikan layanan transaksional online yang sangat memberikan kemudahan sehingga loyalitas customer bisa ditingkatkan, terutama customer dengan mobilitas yang tinggi.
- Market Development
menggunakan mobile untuk menetapkan target market yang baru, semua pengguna mobile dengan kartu GSM Pro XL, Mentari, atau Matrix (yang sudah Mobile Banking Ready)
- Product Development

Current :
m-BCA merupakan layanan perbankan yang mudah, praktis, aman dan user friendly.
Mudah
Anda dapat betransaksi dengan menu yang ada, dan tidak perlu memiliki ketrampilan khusus untuk menggunakannya.
Praktis
Anda dapat langsung bertransaksi perbankan melalui ponsel kapan saja dan dimana saja.
Aman
m-BCA dilengkapi dengan sistem proteksi yang maksimal. Selain menggunakan PIN yang Anda pilih sendiri dan nomor ponsel yang Anda daftarkan, setiap transaksi yang Anda lakukan juga akan di-encrypt (diacak) untuk menjamin keamanan transaksi Anda.
User Friendly
Menu m-BCA dirancang sedemikian rupa sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.Anda hanya perlu memilih jenis transaksi dari menu yang sudah tersedia, sehingga tidak perlu mengingat / menghafal kode transaksi yang ingin dilakukan.
Nyaman
Melalui m-BCA, Anda seperti memiliki ATM BCA pribadi dalam genggaman tangan Anda, karena berbagai transaksi yang dapat dilakukan di ATM BCA dapat dilakukan melalui m-BCA (kecuali penarikan tunai).
Future : menerapkan fitur-fitur yang terdapat dalam klikbca ke dalam m-bca seperti menu pembelian dan pengaturan jadwal transfer.

6 :Positioning and differentiation strategies

Positioning klikbca adalah sebagai layanan perbankan mobile dengan product performance exccellence melalui ketersediaan kustomisasi produk mobile. Dari sisi price performance, m-bca adalah layanan transaksional online bagi para nasabah BCA dengan praktis aman dan nyaman. Serasa memiliki ATM dalam genggaman.

1 komentar: