Rabu, 08 April 2009

Create summary guide for a small retailer company about the stages that are necessary in the creation of a website and the management issues involved.

Summary guide for a small retailer company about the stages that are necessary in the creation of a website:

Planning
1. menentukan jenis website, misalnya marketing, e-commerce, e-learning.
2. menentukan content web site, misalnya home, produk (definisi produk), contact, guestbook, transaksi online, dll.
3. menyesuaikan desain dan kebutuhan website sesuai dengan target pengunjung.

Designing
Mempunyai image, tujuan dan karakteristik sesuai dengan produk dn kebutuhan customer.

Lay out & HTML
Lay out berisi text, image, button, box, dll kemudian diconvert ke dalam coding HTML

Testing
Untuk memeriksa apakah semua fungsi web sudah bisa digunakan dengan semestinya

Implementing
1. menentukan jenis (internal/external), ukuran (size / gb) dan biaya per tahun web hosting.
2. menentukan nama dan biaya untuk penamaan domain. Untuk nama, jika ingin menggunakan yang relative murah ataupun gratis maka menggunakan sub domain yang relative agak panjang sehinggan susah untuk diingat oleh user, tapi jika menggunakan domain yang bayar, maka akan lebih gampang diingat karena relative lebih pendek dan menunjukkan kredibilitas perusahaan itu sendiri.
3. promosi untuk menambah jumlah pengunjung web site dengan cara melalui search engine, link dan situs lain (adsense), promosi manual melaui poster, brosur, kartu nama, dll.

Maintenances
1. meng up date data, informasi dan desain yang dibutuhkan oleh pengunjung, sehingga pengunjung lebih tertarik untuk mengikuti terus perkembangan dari informasi web site kita.
2. membangun security seperti firewall, security forensic dll untuk mencegah hacker, spam ataupun virus
3. menerima dan membalas feedback dari user sebagai bahan pertimbangan evaluasi agar perkembangan web lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan user.


The management issues involved:

1. Menentukan jenis e-business, apakah SCM, e-procurement, penerbitan / percetakkan buku, food and beverages ataupun yang lainnya.
2. Menentukan teknologi yang akan digunakan, apakah web based, email, forum, ataukah yang lainnya dengan mempertimbangkan kemampuan teknologi untuk adaptive teknologi-teknologi baru.
3. Membuat suatu KPI (Key Performance Indicator) terhadap service yang ingin dicapai. Misalnya kecepatan web/bandwith, security, availability(kapasitas), errors, dst. Dalam issue ini amat sangat berpengaruh di saat mendesign dan implementasi e-business ini.
4. Menentukan hosting, internal atau external, jika web yang dibuat memerlukan keamanan seperti banking dan perubahan yang significant (2 arah) seperti game online, maka dianjurkan untuk menggunakan internal hosting, agar keamanan data tetap terjaga, tetapi untuk yang menggunakan web hosting biasa, dianjurkan untuk menggunakan external hosting, karena lebih murah, efisien dan cepat.
5. Integrasi terhadap aplikasi sebagai solusi dari bisnis dengan partner/legacy system. Karena retailer perlu memerhatikan SCM (Supply Chain Management) untuk perkembangan ke depan.
6. Menggunakan aplikasi yang open source misalnya PHP, My Sql untuk memudahakan dalam akses platform dan pengembangannya
7. Menentukan skema dan schedule untuk mengatur kualitas data dan content dari e-business sehingga memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang berbobot dan selalu up to date.
8. Menentukan waktu dan hak akses untuk karyawan (user), sehingga penggunan web akan lebih aman dan optimal.
9. Maintaince data, yang masih diperlukan disimpan, yang sudah tidak diperlukan, dihapus agar tidak menjadi bug ataupun error.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar